TRIBUNNEWS.COM – Tim nasional Indonesia masih mempunyai peluang lolos ke putaran final Piala Asia 2015 di Australia pada 4 sampai 26 Januari. Meskipun untuk sementara menempati peringkat terbawah Grup C di babak kualifikasi Piala Asia, namun peluang masih terbuka asalkan Timnas bisa meraih kemenangan pada laga sisa.

“Kemungkinan untuk lolos belum tertutup. Kita peringkat terbawah, tertinggal 6 poin. Jadi harus meraih dua kali kemenangan di kandang, kemudian mengambil poin pada laga tandang,” kata asisten pelatih Timnas Indonesia Senior, Yeyen Tumena, Rabu (5/9/2013).

Berada di Grup C babak kualifikasi Piala Asia 2015, Indonesia berada satu grup bersama Arab Saudi, Cina, dan Irak. Skuat asuhan pelatih Jacksen F. Tiago mengalami kekalahan 0-1 atas Irak pada laga pertama (6/2/2013) saat menjalani laga tandang, kemudian kalah 1-2 dari Arab Saudi saat bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (23/3/2013).

Pada laga selanjutnya Timnas Indonesia akan menjalani laga kandang melawan Cina (15/10/2013), pada (15/11/2013), giliran Indonesia yang bertandang ke Negeri Tirai Bambu. Berselang empat hari, Indonesia akan menjamu Irak. Pada pertandingan terakhir Grup C, Indonesia akan bertandang ke Arab Saudi (5/3/2014).

Dalam masa persiapan Timnas Indonesia sudah melakukan beberapa kali ujicoba pada periode Juni-Agustus 2013. Yakni menghadapi Timnas Belanda dan Filipina, kemudian laga ekshebisi menghadapi klub Liga Premier Inggris, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea.

Menurut mantan pemain tim nasional Indonesia, ke depan Boas Solossa dkk akan menjalani beberapa pertandingan ujicoba. “Timnas Indonesia akan menjalani dua kali pertandingan ujicoba. Pada tanggal 29 September dan 5 atau 7 Oktober. Sampai saat ini sudah ada 30 sampai 35 pemain yang masuk dalam daftar pemain timnas senior,” tutur mantan pemain Persija Jakarta itu.

Pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Guillermo Eduardo Maitimo pun optimis, Indonesia mampu lolos ke putaran final Piala Asia 2015. Berkaca pada pertandingan terakhir saat Indonesia mengalahkan Filipina 2-0, di Stadion Manahan Solo (14/8), pemain Mitra Kukar itu yakin Indonesia bisa lebih baik pada pertandingan selanjutnya.

“Kita harus percaya diri menatap pertandingan berikutnya. Pada pertandingan terakhir kami bermain bagus dan meraih kemenangan itu modal menghadapi laga selanjutnya,” harapnya.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Disarankan Lakukan Ujicoba ke Luar Negeri

Kesulitan Cari Lawan Tanding, Kinerja BTN dan Sekjen PSSI Dipertanyakan

China Sudah Temukan Lawan Tanding, Indonesia Masih Sibuk Mencari



YOUR COMMENT