TRIBUNNEWS.COM – Dokter timnas Indonesia senior Syarif Alwi Maruapey yakin seluruh pemain fit menjelang semifinal Piala AFF U-19 melawan Timor Leste, Jumat (20/9/2013) sore.

Ia memiliki resep khusus untuk mengembalikan kebugaran stamina pemain.

Salah satu kekhawatiran yang muncul jelang semifinal adalah ketahanan stamina bertanding seluruh pemain. Dibandingkan Timor Leste, Indonesia bermain lima kali pada penyisihan grup B. Faktor lain, mereka memiliki waktu istirahat satu hari lebih lama dibandingkan Indonesia.

“Apa itu? Rahasia. Yang jelas saya sudah komunikasikan dengan dokter timnas U-19 (Alfan Nur Asyhar). Jadi nanti pemain siap tempur dengan intensitas tinggi meski masa recovery-nya (pemulihan) mepet,” ujar Syarif di Jakarta.

“Prinsip yang utama sekali adalah istirahat. Jadi pemain betul-betul memanfaatkan waktu istirahatnya,” tambah pria yang memiliki klinik di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Syarif merupakan dokter senior di timnas. Badan Tim Nasional (BTN) kerap mendiskusikan terlebih dulu kepada dirinya perihal siapa-siapa dokter yang diperbantukan untuk timnas.

Alfan dan Agus Manurung, kini mendampingi timnas Indonesia U-16 di Yogyakarta, merupakan rekomendasi Syarif.
(Warta Kota / Eko Priyono)

Baca Juga:

Hadapi Vietnam di Final, Indonesia Siap Balas Dendam

Pelatih Timor Leste Mengaku Salah Strategi

Suporter Timor Leste Ikut Bernyanyi Saat Indonesia Raya Berkumandang



YOUR COMMENT