TEMPO.CO, Praha – Sebuah mayat ditemukan »terhimpit” di bawah sebuah bangunan di tepi jalan di kota Praha, Ceko. Bagian kaki dan lengan kanan mayat itu tampak menyembul keluar, sedangkan bagian lainnya tertindih bangunan.

Banyak warga dan pejalan kaki dibuat kaget dengan mayat yang terbaring di atas kardus itu.Namun rupanya, itu hanyalah karya seni dari seniman asal Italia, Fra Biancoshock, yang berjudul »urban intervention”.

»Karya ini bukan untuk mempromosikan diri dan karya saya. Saya hanya ingin melihat bagaimana reaksi masyarakat umum,” ujar sang seniman, dilansir laman Metro.co.uk, Jumat, September 2013. Biancoshock menganggap, karya »mengerikan” ini adalah media komunikasinya.

Meski ia tidak menjelaskan apa-apa mengenai karyanya, tapi Biancoshock membuat karya yang sangat sempurna. Mayat itu begitu nyata. Sekilas tidak akan ada yang tahu, bahwa itu hanyalah replika.

Biancoshock ingin menguji pejalan kaki, tertutama mereka yang tidak tahu bahwa itu adalah seni. Ia ingin melihat, apakah masih ada rasa kepedulian di jalan. Ia ingin tahu, bagaimana reaksi dari pada pejalan kaki, apakah mereka akan melengos pergi atau justru mendekat dan menunjukkan rasa peduli.

METRO.CO.UK | ANINGTIAS JATMIKA



YOUR COMMENT